Top 5 Wasit Terbaik Indonesia Wajib Sekali diketahui

Beberapa tahun belakangan, Indonesia mulai menunjukkan kembali eksistensinya di dunia sepak bola kancah Internasional. Bahkan negara Indonesia terkenal memiliki budaya sepak bola terbaik di Asia Tenggara. Tentunya pencapaian tersebut tidak lepas dari peran berbagai pihak, termasuk para wasit terbaik Indonesia. Negara ini memiliki banyak wasit yang berstandar FIFA, diantaranya:

1. Thoriq Alkatiri

Salah satu wasit berkualitas yang dimiliki Indonesia adalah Thoriq Alkatiri. Pengadil lapangan hijau berusia 30 tahun tersebut masuk dalam daftar wasit terbaik Indonesia yang telah mengantongi lisensi dari FIFA. Di usianya yang memasuki kepala tiga, Thoriq Alkatiri berhasil masuk dalam daftar AFC elite mewakili wasit asal Indonesia lainnya.

Meskipun terbilang tidak muda lagi, faktanya Thoriq Alkatiri berhasil menunjukkan prestasinya hingga go Internasional. Karena jam terbangnya cukup tinggi memimpin pertandingan-pertandingan Internasional justru membuatnya jarang ditugaskan di tanah air. Diantara segudang prestasinya, pasti banyak orang yang tidak menyangka jika Thoriq masuk dalam daftar wasit keempat di kualifikasi Piala Dunia 2022.

2. Oki Dwi Putra

Tidak mau kalah dengan juniornya, Oki Dwi Putra juga menunjukkan eksistensinya sebagai pengadil lapangan hijau. Wasit berusia 38 tahun tersebut, menjadi salah satu wasit terbaik di Indonesia. Bahkan Oki Dwi Putra menjadi pengadil lapangan pertama asal Indonesia yang mendapat lisensi dari FIFA, tepatnya di tahun 2009.

Selama berkarir menjadi pengadil lapangan, Oki Dwi Putra memang tidak lepas dari berbagai kontroversi. Bahkan, Oki juga pernah dinonaktifkan di Liga Indonesia karena membuat kontroversi tahun 2012 silam. Meskipun pernah diterjang badai, Oki berhasil naik kembali dan dipercaya memimpin pertandingan di ajang bergengsi seperti final Piala AFF U15 tahun 2017.

3. Dwi Purba Adi Wicaksana

Seperti diketahui untuk mengantongi lisensi wasit dari FIFA bukanlah hal mudah. Pasalnya prosesnya cukup panjang dan harus melalui serangkaian tes. Ketatnya prosedur tersebut menjadi salah satu alasan sedikit wasit Indonesia yang berhasil mengantongi lisensi FIFA. Namun, Dwi Purba mampu menunjukkan kualitasnya dan berhasil lolos standarisasi dari FIFA.

Demi mendapatkan lisensi tersebut, Dwi Purba wasit asal Kudus, Jawa Tengah banyak menemui jalan berliku. Mengawali debut karirnya sebagai pemain sepak bola profesional ternyata gagal dilakoni, hingga akhirnya mengantarkan Dwi Purba menjadi wasit pada tahun 2009. Di sepanjang karirnya tahapan demi tahapan berhasil dilaluinya hingga mengantarkannya ke kancah Internasional.

4. Hamim Tohari

Didebut karir pengadil lapangan hijau, Hamim Tohari terkenal erat dengan berbagai kontroversi. Hingga akhirnya tahun 2010 Hamim Tohari dijatuhi hukuman dari komite wasit. Hal ini disebabkan karena pertandingan Laga Divisi 2 yang dipimpinnya berakhir ricuh. Berawal dari kegagalan tersebut, menjadi motivasinya untuk berbenah diri.

Hingga pada akhirnya tahun 2015, Hamim Tohari menguji keberuntungan di acara seleksi penyaringan wasit FIFA. Acara tersebut diselenggarakan di Kuala Lumpur. Di saat itu, Hamim Tohari dinyatakan lulus dan berhasil mengantongi lisensi FIFA. Hamim Tohari berhasil menunjukkan kualitasnya dan mengalahkan para kompetitornya dengan melahap 13 putaran di tes kebugaran FIFA.

5. Handri Kristanto

Handri Kristanto merupakan salah satu pengadil lapangan hijau yang memiliki background sebagai anggota kepolisian. Berbekal fisik, ketegasan, kedisiplinan dan ilmu perwasitan yang dimilikinya, membuatnya berhasil mengantongi lisensi FIFA pada tahun 2014. Meskipun untuk berhasil lolos seleksi FIFA, Handri Kristanto harus mengalami kegagalan terlebih dahulu.

Seiring debut karirnya menjadi pengadil lapangan, pria berusia 29 tahun tersebut berhasil menyabet berbagai gelar bergengsi. Namanya berhasil masuk dalam daftar wasit terbaik Indonesia. Namun perjalanan karirnya sebagai wasit tidak selalu mulus. Beberapa kali Handri Kristanto juga pernah mengalami masalah hingga membuatnya dirumahkan 1 bulan oleh Komite Wasit PSSI.

Itulah sederet pengadil lapangan yang berhasil mengantongi lisensi FIFA. Bahkan kelima pengadil lapangan tersebut juga berhasil menyabet gelar sebagai wasit terbaik Indonesia yang bisa go Internasional. Semoga ulasan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh pecinta sepak bola.

READ  7 Daftar Pemain Celtic Musim 2020/2021

You May Also Like

About the Author: Ken Malfoy