Mengenal 5 Stadion Sepak Bola yang Ada di Indonesia, Terbesar!

Sepak bola merupakan permainan olahraga yang paling banyak digandrungi seseorang, baik dari tingkat terkecil sampai terbesar, skala regional sampai skala internasional. Untuk permainan sepak bola resmi, dibutuhkan tempat khusus dengan aturan yang baku. Maka dari itu dibentuklah sebuah stadion untuk mewadahinya. Kini, ada sangat banyak stadion sepak bola yang ada di Indonesia.

Stadion sepak bola yang ada juga sangat beragam. Tidak semua stadion dapat di pakai untuk pertandingan yang formal. Dibutuhkan kriteria khusus untuk menjamin stadion tersebut dapat menunjang permainan tanpa kendala. Nah, dalam artikel ini, akan dibahas 5 stadion sepak bola yang ada di Indonesia yang sering digunakan dalam pertandingan yang resmi. Inilah penjelasannya.

1. Stadion Gelora Bung Karno

GBK merupakan stadion sepak bola yang ada di Indonesia paling besar. Stadion ini sangat banyak digunakan untuk pertandingan skala nasional sampai internasional. Dibangun pada tahun 1960 atas dasar ditunjuknya Indonesia pada waktu itu sebagai penyelenggara Asian Games ke IV Tahun 1962. Di usianya yang sudah beranjak 61 tahun ini telah berkontribusi banyak untuk bangsa.

Saat ini, Stadion Gelora Bung Karno tidak hanya diperuntukkan untuk pemain sepak bola saja, melainkan juga untuk kegiatan-kegiatan tertentu, seperti sarana rekreasi, pengenalan budaya, politik sampai ekologi. Stadion ini berlokasi di pusat Ibu Kota Negara dengan luas 279,08 hektare.

2. Stadion Palaran

Stadion palaran memasuki urutan kedua terbesar di Indonesia. Tempat yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur ini dapat menampung hingga 65.000 orang. Pernah menjadi tempat seremoni pembukaan dan penutupan PON XVII.

Namun sayangnya, stadion ini sudah tidak lagi menunjukkan kemegahanannya, sebab tidak adanya penanganan khusus untuk perawatan stadion yang berlokasi di luar pulau jawa ini. Saat ini, Palaran hanya digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola lokal saja.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Bisa dibilang stadion ini memasuki urutan ketiga terbesar di Indonesia. Pasalnya, tempat ini dapat menampung lebih dari 50.000 orang. Beda sedikit dengan Palaran. Namun, karena baru-baru ini telah dilakukan renovasi, daya tampungnya pun menyusut jadi 46.806 penonton. Kabarnya, di tahun 2021 ini akan dijadikan sebagai tuan rumah penggelaran pertandingan internasional dalam Piala Dunia U-20 2021.

Stadion yang katanya markas klub persebaya ini mulai di bangun pada tahun 2008 oleh PT Isoplan dan mulai digunakan pada tahun 2010. Memiliki luas 100 hektare dengan biaya pembangunan Rp 452 miliar. Ada tiga kelas penonton di buat, yakni Kelas Standar, VIP, dan VVIP.

4. Stadion Jatidiri

Stadion yang dapat menampung lebih dari 45.000 orang ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Pada tahun 2017, stadion Jatidiri melakukan renovasi dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2021 nanti, renovasi ini memakan anggaran kurang dari Rp 400 miliyar.

Sampai saat ini, terlihat rumput di stadion Jatidiri menggunakan jenis Zoysia Japonica. Serta total pencahayaan sampai 1800KVA, ada lift untuk tribun VVIP serta parkiran dengan sistem digital. Melihat hal ini, tidak salah jika Stadion Jatidiri digadang masuk kategori stadion terbesar di Indonesia.

5. Stadion Utama Riau

Sesuai dengan namanya, stadion ini berlokasi di Pekanbaru, Riau. Dapat menampung sekitar lebih dari 40.000 orang. Pada masa pembangunannya menghabiskan dana sekitar Rp 1,18 triliun dengan jangka waktu pembangunan tahun 2009 dan selesai pada tahun 2012. Luas stadion ini sekitar 66,4 hektare dan gedung 7,4 hektare.

Itulah daftar 5 stadion sepak bola yang ada di Indonesia terbesar. Semoga dengan adanya stadion besar ini dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas pemain sepak bola yang ada di Indonesia.

 

READ  Para Legenda Gelandang Bertahan Terbaik Dunia!

You May Also Like

About the Author: Ken Malfoy