Skuad Timnas Indonesia Era 90an yang Multi Talenta

Di era 90an skuad timnas Indonesia sangat digdaya. Sekalipun tidak pernah meraih gelar, permainan tim Garuda sangat elok bahkan merepotkan tim lawan. Bahkan pengamat menyatakan, tim periode ini yang memiliki teamwork sangat kompak.

Pada kesempatan kali ini, akan dijabarkan Tim Nasional Indonesia di era 90an yang ciamik. Semuanya sudah gantung sepatu tetapi namanya tetap berkibar di kancah persepakbolaan Indonesia. Ini dia pemain-pemain yang dimaksud:

1. Bejo Sugiantoro

Skuad timnas Indonesia era 90an yang pertama adalah Bejo Sugiantoro. Pemain asal Persebaya Surabaya ini dianggap center back terbaik yang dimiliki Indonesia. Salah satu keunggulannya memiliki takling bersih serta jago membaca pergerakan lawan.

Bejo Sugiantoro adalah tipikal pemimpin di lapangan hijau. Makanya, center back yang pernah membawa The Green Force juara Liga Indonesia 1 ini didapuk sebagai kapten timnas. Sayang, selama kiprahnya bersama Tim Garuda, belum sekalipun Bejo mendapatkan gelar.

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Pada tahun 90an, Indonesia memiliki striker yang serba bisa. Namanya Kurniawan Dwi Yulianto yang bermain bersama Persija Jakarta. Bomber ini memiliki postur jangkung dan kurus sehingga mudah menyusup ke kotak penalti lawan.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan striker dengan naluri gol tinggi. Karena kemampuannya, Kurniawan pernah diundang berlatih bersama Tim Sampdoria B di Liga Serie A. Sayangnya bersama Kurnia Sandi, Kurniawan gagal menunjukkan permainan terbaiknya.

3. Aji Santoso

Pemain sayap lincah Indonesia era 90an adalah Aji Santoso. Winger asal Arema Malang ini sangat sulit dihentikan jika kadung membawa bola. Kemampuan yang lainnya ialah piawai mengirim umpan silang matang ke kotak penalti lawan.

Pemain yang kini berprofesi sebagai pelatih ini termasuk andalan tim Garuda. Jika dalam kondisi terbaik, bisa dipastikan posisinya di starting up tidak tergantikan. Apalagi di kala itu, Indonesia memang minus pemain lincah di posisi winger.

4. Fachri Husaini

Pemain legendaris yang termasuk skuad timnas Indonesia 90an berikutnya ialah Fachri Husaini. Pemain yang dibesarkan PKT Bontang ini bermain di posisi playmaker atau pemain pembagi bola. Sekalipun bertubuh mungil, Fachri tetap gelandang yang memukau dengan dribble lincah.

Fachri Husaini pernah menjadi pelatih tim nasional yunior. Namun, kinerja di kepelatihan tidak sesukses ketika Fachri masih menjadi pemain. Sekalipun demikian namanya tetap bersinar dan dianggap melegenda.

5. Anang Ma’ruf

Jika Brasil punya Marcelo, maka Indonesia punya Anang Ma’ruf. Pemain asal Persebaya ini memiliki tipikal permainan sama dengan si Kribo dari El Real tersebut. Bahkan, jika kadung overlapping, bek sayap lawan harus mundur jauh ke daerah kedalaman.

Sekalipun bermain di posisi bek kanan, Anang memiliki dribling yang bagus. Jika dilihat sekilas gaya dribling-nya mirip Javier Zanetti, bintang Inter Milan di era 2000an. Yang mana bola seakan tidak ditendang melainkan diinjak.

6. Kurnia Sandi

Penjaga gawang kawakan timnas Indonesia ialah Kurnia Sandi. Pemain yang besar bersama tim Persib Bandung ini dianggap kiper legendaris Indonesia yang memiliki kemampuan luar biasa. Bahkan, Sandi berhasil menahan tendangan Franco Baresi ketika Persib melakukan uji tanding melawan AC Milan di tahun 90an.

Kurnia Sandi bergabung dengan tim nasional binaan PSSI Primavera. Dia juga termasuk pemain yang berlatih di klub Sampdoria B bersama Kurniawan Dwi Yulianto. Seandainya tidak ada Christian Abbiati, mungkin Sandi menjadi penjaga gawang nomor tiga Sampdoria di kala itu.

Itulah pemain legendaris yang pernah menjadi skuad timnas Indonesia era 90an. Para pemain ini tergolong mega bintang setelah eranya Ricky Yacob dan Robby Darwis. Bahkan tidak sedikit pemain di era kekinian yang gaya mainnya mirip seperti Ismed Sofyan, Ponaryo Astaman hingga Syamsul Chaerudin.

 

READ  Ini Dia Daftar Pemain Napoli Resmi Terbaru 2021!

You May Also Like

About the Author: Ken Malfoy